5 Penyebab Kulit Kusam Dan Cara Mengatasinya

Iklan Semua Halaman

5 Penyebab Kulit Kusam Dan Cara Mengatasinya

Rabu, 09 Agustus 2023

 

5 Penyebab Kulit Kusam Dan Cara Mengatasinya
5 Penyebab Kulit Kusam Dan Cara Mengatasinya

5 Penyebab Kulit Kusam Dan Cara Mengatasinya


Pastinya ada lebih dari lima penyebab kulit kusam, namun kami ingin merangkum beberapa penyebab paling penting untuk memberi gambaran singkat tentang apa yang mungkin Anda lakukan yang menyebabkan kulit kusam. Tapi jangan khawatir, kami juga menyertakan beberapa tips kecantikan  tentang apa yang dapat Anda lakukan hari ini untuk mengatasi masalah kesehatan kulit.


Apa Penyebab Kulit Kusam dan Bagaimana Cara Mengatasinya?


1. Eksfoliasi Tidak Cukup


Kebanyakan ahli dermatologi setuju bahwa kulit kusam sering kali disebabkan oleh kekeringan dan salah satu alasan paling populer untuk kulit kering adalah tidak cukup tereksfoliasi atau tidak terkelupas dengan benar. Kulit kering yang tersisa di wajah Anda setelah rusak, perlu dihilangkan agar sel-sel baru yang bersinar dapat muncul.


Pengelupasan juga memungkinkan kulit Anda menyerap perawatan kulit pelembap apa pun yang Anda gunakan di atasnya jauh lebih baik daripada saat kulit kering menghalangi, sehingga menghentikan Anda untuk menerima semua manfaatnya. Ada banyak jenis eksfoliasi, termasuk yang fisik dan kimiawi.


2. Lingkungan di Sekitar Anda


Udara dan atmosfer yang Anda alami sehari-hari tidak hanya berpengaruh pada paru-paru saat Anda menghirupnya, tetapi juga menempel pada kulit Anda. Udara yang tercemar mengandung ribuan partikel kecil seperti kotoran, yang menyebabkan kulit Anda menjadi kusam dan teksturnya tidak rata.


Jadi, pastikan Anda mencuci kulit setiap malam. Kotoran yang dikumpulkan kulit Anda sepanjang hari akan merusak kulit Anda di malam hari jika tidak dibersihkan. Dan jika Anda benar-benar lelah, setidaknya gunakan lap pembersih wajah karena meskipun tidak menghilangkan semuanya secara menyeluruh seperti pembersih wajah, masih lebih baik daripada tidak sama sekali.


3. Stres

Stres diekspresikan dalam berbagai bentuk di tubuh kita dan masalah kulit adalah salah satunya. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa ketika Anda sedang stres, respons fight-or-flight Anda muncul dan darah mengalir ke organ vital Anda, di mana kulit bukan salah satunya. Ini mengarah pada penampilan kulit yang lebih kusam dan lelah.


4. Diet Anda

Mirip dengan stres, tidak minum cukup air menurunkan aliran darah ke wajah, membuat Anda terlihat lebih lelah dan letih, hal ini dapat menjadi penyebab kulit kusam juga. Dalam beberapa kasus, dehidrasi tidak boleh dipandang sebagai masalah jangka pendek yang dapat diselesaikan dengan satu gelas air.


Kerutan biasanya muncul jauh lebih dalam pada kulit yang terus-menerus mengalami dehidrasi, oleh karena itu minum air dalam jumlah khusus setiap hari, setiap hari, sangatlah penting.


Mempertahankan pola makan yang sehat dan seimbang juga bukan berita baru bagi siapa pun, namun berbohong jika mengatakan itu tidak berpengaruh pada kulit Anda. Makanan olahan dan asin juga menyebabkan hilangnya kilau pada kulit karena menahan cairan dengan sangat baik, tidak memungkinkannya berpindah ke sel lain.


5. Menggunakan Produk yang Salah

Seperti disebutkan di atas dengan exfoliator, penting untuk memastikan bahwa jenis produk yang Anda gunakan dalam rutinitas perawatan kulit harian Anda, selaras dengan jenis kulit yang Anda miliki.


Memiliki kulit yang bersinar, cerah, dan terjaga adalah tujuan yang kita semua miliki, tetapi itu membutuhkan sedikit usaha. Namun, begitu Anda mengenal kulit Anda dengan baik dan apa yang cocok untuknya, Anda akan memiliki jalan yang kokoh untuk mendapatkan jenis kulit yang Anda inginkan. Itulah 5 Penyebab Kulit Kusam dan cara mengatasinya, semoga bermanfaat.