30 Desain Aquascape Sederhana untuk Pemula Paling Dicari - Desain.id

Iklan Semua Halaman

30 Desain Aquascape Sederhana untuk Pemula Paling Dicari - Desain.id

Selasa, 14 Juni 2022

Desain Aquascape Sederhana - Aquascape kini menjadi salah satu bentuk seni yang dapat dijadikan hobi oleh seseorang. Seni dalam aquascape adalah seni dalam hal mengatur air, tanaman, karang, ikan, batu dan berbagai komponen lainnya dalam aquarium. Desain aquascape sederhana tetap memerlukan waktu, dedikasi dan ketelitian yang mendalam.

Aquascape tentu berbeda dengan aquarium, hal ini dapat dibedakan dari isi pada aquarium itu sendiri. Akuarium biasanya hanya diisi dengan ikan-ikan dan beberapa aksesoris di dalamnya, namun jika aquascape diisi dengan banyak komponen seperti karang, tanaman air, pasir. Untuk membuat desain aquascape yang bagus tentu memerlukan dana yang besar. Akan tetapi, untuk pemula dapat membuat desain aquascape sederhana dengan dana yang lebih terjangkau.

Kumpulan Contoh Gambar Desain Aquascape Sederhana

Tips dan Cara Desain Aquascape Sederhana

Desain aquascape dapat dibuat dari yang paling sulit hingga yang paling mudah dengan harga yang paling tinggi hingga harga yang sangat terjangkau. pembuatan desai aquascape dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan si pembuat. Untuk menambah furniture pada sisi ruang rumah, dapat membuat desain aquascape sederhana. Berikut cara desain aquascape sederhana, antara lain:

1. Mempersiapkan Desain Aquascape Sederhana

Proses Awal Menyiramkan Desain Aquascape

Langkah awal yang dapat dilakukan adalah dengan mempersiapkan desain aquascape sederhana. Ada beberapa macam desain aquascape sederhana yang berasal dari inspirasi alam asli atau dengan meniru desain aquascape yang pernah dipakai oleh orang lain. Desain aquascape terdiri dari berbagai macam seperti desain tebing, air terjun, bukit dan hutan.

2. Menyediakan Komponen

Menyiapkan Berbagai Komponen Untuk Membuat Aquascape

Cara desain aquascape sederhana selanjutnya adalah menyediakan komponen atau media untuk membuat aquascape. Komponen penting yang perlu disediakan adalah tanaman air, kayu atau batu, pencahayaan sebagai pengganti matahari, CO2 dan filterisasi yang berguna untuk menjaga kualitas air agar tetap bersih.

3. Memberi PowerGrow Ke dalam Aquascape

Memberikan Nutrisi Dalam Aquascape

Powergrow adalah tempat yang digunakan sebagai rumah bakteri. Adanya powergrow yang bagus kaya nutrisi untuk tanaman dan ekosistem di sekitarnya yang berfungsi untuk kelangsungan aquascape dalam jangka panjang. Powergrow tidak wajib digunakan untk desain aquascape sederhana.

4. Mendekorasi Dasar Aquarium

Mulai Mendekorasi Dasar Aquascape

Cara selanjutnya yang dilakukan untuk desain aquascape sederhana adalah dengan mendekorasi bagian dasar aquarium. Bagian dasar aquarium diisi dengan pasir yang Aquascapes memiliki ketinggian sekitar 2-3 cm. selain diisi dengan pasir, bagian dasar juga dapat ditambahkan dengan pupul hingga dilapisi dengan pasir kembali.

5. Mendesain Hardscape (Batu, Kayu atau Karang) dan Menanam Tanaman Aquascape

Mendesain Hardscape dan Menanam Tanaman Aquascape

Desain aquascape sederhanan selanjutnya adalah dengan mendesain hardscape. Hal ini dimulai dengan mengatur batu-batuan atau kayu dengan sedemikian rupa agar terlihat lebih natural. Penempatan kayu atau batu-batuan ini sesuai dengan desain yang telah disiapkan. Setelah semua tersusun dengan rapi, dilanjutkan dengan menanam tanaman di permukaan pasir.

6. Mengisi Air, Memasang Filter, Lampu dan Diffuser CO2

Proses Pengisian Air dan Perlengkapan Lainnya

Setelah semua batu, kayu dan tanaman dipasang saatnya mengisi air ke dalam aquarium. Pengisian air dapat menggunakan selang agar semua yang ada di dalamnya tidak berantakan. Setelah selesai pengisian air, dapat memasang filter, lampu dan diffuser CO2.

7. Memasukkan Fauna dalam Aquascape

Memasukkan Hewan

Fauna pada aquascape hanya digunakan sebagai pelengkap, berbeda dengan aquarium. Hewan yang akan dimasukkan dalam aquascape juga bermacam-macam, dipilih sesuai dengan fungsinya. Ikan yang dipilih biasanya adalah ikan-ikan yang berukuran kecil.

8. Merawat Aquascape dengan Baik dan Benar

Merawat Aquascape Dalam Aquarium

Perawatan menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam pembuatan aquascape. Kualitas tanaman yang sudah ditanam bergantung pada perawatannya. Perawatan yang dilakukan adalah dengan cara mengganti air pada minggu pertama.

Itulah beberapa cara desain aquascape sederhana yang dapat dilakukan oleh para pemula. Aquascape dapat didesain sesuai keingindan dan juga modal yang dimiliki. Selain itu, desain aquascape juga memerlukan keterampilan dan ketelitian yang mendalam. Agar lebih mudah, dapat menggunakan aquarium yang memiliki ukuran minimalis.