Fungsi, Tujuan dan Teknik Gerakan Pivot pada Olahraga Bola Basket

Iklan Semua Halaman

Fungsi, Tujuan dan Teknik Gerakan Pivot pada Olahraga Bola Basket

Selasa, 13 Desember 2016
Fungsi, Tujuan dan Teknik Gerakan Pivot pada Olahraga Bola Basket |Kumpulan-Olahraga| ~ Dalam Olahraga Bola Basket terdapat beberapa Istilah gerakan yang harus dipahami oleh seluruh pemain Bola Basket ini seperti Passing, Catching, Jump Shoot, Dribling, Shooting, Pivot dan masih banyak lagi Istilah-istilah Dalam Olahraga Basket yang harus pemain kuasai dan di pahami untuk lebih jelasnya mengenai Istilah-Istilah dalam Olahraga Basket dapat sobat baca DISINI.

Agar dapat menjadi pemain yang berprestasi seorang pemain Bola Basket harus menguasai Teknik-teknik Bola basket dan memahami fungsinya, salah satu teknik yang harus dikuasai oleh pemain adalah teknik Pivot.
Pada Kesempatan kali ini Kumpulan-olahraga akan membahas tentang Fungsi, Tujuan dan Teknik Gerakan Pivot pada Olahraga Bola basket, untuk lebih jelasnya simaklah penjelasan tentang Fungsi, Tujuan dan Teknik Gerakan Pivot pada permainan Bola Basket di bawah ini.



Fungsi, Tujuan dan Teknik Gerakan Pivot Pada Olahraga Bola Basket.

Istilah gerakan Pivot bagi sobat yang sering melakukan Olahraga Basket mungkin tidak asing lagi, namun untuk sobat yang awam akan permainan Bola Basket pasti bingung apa itu Pivot ?.
Istilah Pivot adalah Gerakan memutar badan menggunakan salah satu kaki baik kaki kanan maupun kaki kiri sebagai poros dengan kedua tangan memegang bola. Fungsi dari gerakan Pivot ini  adalah berguna sebagai gerakan untuk melindungi bola dari sergapan lawan, karena dalam olahraga basket ini pemain yang telah memegang bola harus melakukan drible tidak di perkenankan untuk bergerak tanpa melakukan drible sehingga untuk melindungi bola dari lawan di gunakan teknik Pivot ini.

Ketika melakukan Teknik gerakan Pivot ini harus dipastikan salah satu kaki berperan sebagi poros dan tidak bergeser akibat gerakn berputar yang dilakukan, gerakan Memutar pada Pivot ini dapat dilakukan sampai 360 derajat, pada gerakan  Pivot ini terdapat dua cara dalam memutar badan yaitu gerakan memutar badan ke arah depan dan juga Gerakan Memutar badan ke arah belakang hal ini tergantung sesuai dengan kebutuhan pemain dan dari arah mana lawan datang.
Terdapat 3 Jenis gerakan yang dilakukan setelah melakukan teknik Pivot ini adalah sebagai berikut :
  1. Melakukan Pivot kemudian dilanjutkan dengan mendriblle bola. (Melakukan serangan)
  2. Melakukan Pivot kemudian dilanjutkan dengan Shoting ke arah ring.
  3. Melakukan Pivot kemudian dilanjutkan dengan Passing / operan kepada teman.
Untuk melakukan Teknik Gerakan Pivot pada Olahraga Bola Basket adalah sebagai berikut :
  1. Pertama-tama pilihlah salah satu kaki yang akan di jadikan Poros putaran badan, dianjurkan menggunakan kaki yang memiliki kekuatan contohnya kaki kanan (Untuk kidal menyesuaikan).
  2. Gunakan kaki yang satunya untuk melangkah ke segala arah, dan kaki yang satunya tetap berfungsi sebagai poros.
  3. Ketika melakukan putaran kaki yang digunakan sebagai poros tidak boleh bergeser. 
  4. Setelah selesai melakukan gerakan Pivot ini, segeralah kembali ke sikap awal dan bersiap untuk melakukan langkah selanjutnya (Shooting, Dribling atau Passing)
Teknik Gerakan Pivot pada Olahraga Bola Basket juga memiliki fungsi dan tujuan untuk mengelabui lawan melalui gerakan berputar, selain itu gerakan Pivot ini juga sebagai langkah awal atau persiapan sebelum pemain melakukan shooting ke arah Ring Basket. 
demikian lah pembahasan tentang Fungsi, Tujuan dan Teknik Gerakan Pivot Pada Olahraga Bola Basket semoga dapat menambah wawasan dan memberikan pengetahuan kepada sobat yang sedang mendalami olahraga Bola Basket ini. 

Artikel Terkait Bola Basket :